Contoh Investasi Jangka Panjang Menguntungkan & Tips

Masih mengandalkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Ya, mungkin saja cukup, lalu bagaimana dengan tabungan dan kebutuhan mendesak lainnya?

Nah, sebagai solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan melimpah di luar gaji bulanan adalah dengan cara mencoba investasi. Selain berwirausaha, cara yang satu ini dinilai cukup handal dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cara yang mudah.

Lalu investasi apa yang cocok untuk dicoba? Bagi Anda yang memiliki uang lebih yang mengharapkan pengembalian dalam jumlah besar mungkin dapat mencoba investasi jangka panjang.

Apa investasi jangka panjang dan apa contohnya? Untuk mengetahui jawabannya simak terlebih dahulu mengenai pengertian dan contoh investasi jangka panjang yang paling menguntungkan.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah satu bentuk investasi du mana dana yang digunakan akan mengalami perputaran dan dapat dicairkan apabila mencapai jangka waktu lebih dari satu tahun. Selain dalam bentuk individual biasanya investasi jangka panjang ini lebih banyak digunakan dalam perusahaan.

Biasanya perusahaan yang memiliki investasi jangka panjang ini akan mendapatkan keuntungan pasif dalam satu periode seperti royalty, dividen, bunga, atau pendapatan sewa.

Contoh Investasi Jangka Panjang

Investasi Saham

Apabila membahas mengenai contoh investasi jangka panjang, tak lengkap rasanya jika tak membahas mengenai investasi saham. Saham adalah surat berharga atas bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.

Biasanya perusahaan akan menerbitkan saham sebagai alat untuk mendapatkan sokongan dana dari investor. Namun demikian semakin besar dana dari investor tersebut, maka akan semakin besar pula pengaruh atau kepemilikan terhadap perusahaan yang Anda miliki.

Dengan saham yang Anda tanamkan di perusahaan tersebut, Anda akan mendapatkan dividen setiap periode biasanya satu tahun berjalan. Untuk keuntungan yang lebih besar, Anda dapat menjual saham tersebut ketika harganya lebih tinggi daripada harga beli.

Obligasi

Obligasi atau surat hutang juga menjadi salah satu contoh ivestasi jangka panjang yang cukup menguntungkan. Obligasi atau surat hutang merupakan surat bukti atas pinjaman yang diberikan.

Berbeda dengan saham, di mana Anda menyetorkan dana sebagai wujud investasi. Dalam obligasi dana yang disetorkan diwujudkan dalam bentuk pinjaman yang harus tetap dilunasi nantinya.

Serupa dengan saham, pemegang obligasi juga akan menerima bunga atas obligasi yang dterbitkan oleh perusahaan tersebut. Selain perusahaan swasta, pemerintah juga dapat menerbitkan surat berharga yang satu ini.

Investasi Properti

Bagi Anda yang tak memiliki pengetahuan atau pengalaman mumpuni dalam bidang sekuritas berharga, mungkin dapat mencoba item investasi property yang tak kalah menguntungkan.

Namun demikian, property ini memiliki jumlah modal yang sangat besar. Di mana uang tersebut akan Anda belikan property yang nantinya akan dijual kembali dengan harga yang jauh lebih tinggi. investasi property juga dinilai cukup aman dibandingkan sekuritas lain karena tak memiliki pengaruh atas inflasi.

Program Pensiun

Satu lagi contoh investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan yaitu program pension. Serupa dengan namanya, program ini dilakukan dengan cara menyetorkan sejumlah dana sebagai tabungan di hari tua. Dana ini nantinya akan dikelola yang keuntungannya akan ditambahkan saat pencairan.

Pada saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan program pension ini. sebut saja perusaahan asuransi A. di sana Anda akan mendapatkan penjelasan lengkap tentang investasi ini.

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian dan contoh investasi jangka panjang paling menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *